Welcome everyOne :)

Just read n enjoy the flight ^^,

Jumat, 27 November 2009

Layanan Telematika (Telematics Services)


Telematika berkaitan erat dengan kebutuhan user mengenai pemenuhan informasi. Hal tersebut berkaitan dengan layanan- layanan (services) yang ada pada telematika. Secara umum layanan-layanan tersebut dapat dikategorikan menjadi 4 layanan yang akan kita bahas sebagai berikut :


1. Layanan Informasi (Information Service)


Layanan telematika yang pertama adalah layanan informasi. Pada layanan ini telematika menggabungkan sistem komunikasi dengan kendaran bergerak seperti mobil untuk menawarkan layanan informasi secara langsung.


Beberapa contoh layanan informasi :

  • Internet services (M-Commerce, VOD, dan news and weather)
  • Real-time traffic information (Mobile data dan mobile television)

Kita dapat dengan mudah informasi mengenai arus lalu lintas melalui Real-time traffic information (Mobile data dan mobile television). Mobile data menggunakan komunikasi data nirkabel menggunakan gelombang radio untuk mengirim dan menerima data komputer real time untuk, dari dan antara perangkat yang digunakan oleh personil berbasis lapangan. Alat-alat ini dapat dipasang semata-mata untuk digunakan saat berada dalam kendaraan (Fixed Data Terminal) atau untuk digunakan di dalam dan keluar dari kendaraan (Mobile Data Terminal). Mobile data dapat digunakan untuk menerima saluran TV dan program, dengan cara yang sama ke ponsel, tetapi menggunakan TV LCD perangkat.

  • Telematik terminal

Sistem telematika seperti biasanya menyediakan berbagai layanan aplikasi untuk seorang sopir saat dia mengemudi, sehingga sistem telematika meliputi terminal yang telah ditetapkan, disebut "terminal telematika", dipasang di dalam kendaraan atau dibawa oleh sopir.

Telematika terminal yang mungkin termasuk fungsi komunikasi untuk berkomunikasi dengan server atau telematika dapat beroperasi dalam hubungannya dengan komunikasi mobile terminal, seperti telepon portabel. Secara umum, terminal telematika tidak memiliki perangkat layar, sehingga mereka dapat memberikan informasi gambar, misalnya, sebuah gambar panduan rute, dengan memanfaatkan sebuah perangkat tampilan, misalnya, liquid crystal display (LCD), dari terminal komunikasi mobile.

Saat ini, hardware berkualitas tinggi telah diperkenalkan di telepon portabel, universal serial bus (USB) mampu mengirimkan data penyimpanan massal disediakan untuk telepon portabel. Dengan demikian, berbagai terminal telematika mampu memanfaatkan USB portabel seperti ponsel telah dikembangkan. Yaitu, telematika telah dikembangkan terminal yang mampu memancarkan / menerima gambar ke / dari terminal komunikasi mobile dengan menggunakan USB.

Komunikasi mobile terminal memiliki berbagai macam spesifikasi hardware. Selain itu, berbagai aplikasi untuk terminal komunikasi mobile telah dikembangkan dan digunakan secara luas. Oleh karena itu, kinerja menampilkan komunikasi mobile terminal dapat beragam, tergantung pada jenis perangkat keras spesifikasi dan aplikasi komunikasi mobile terminal.


2. Layanan keamanan (Security Service)


Layanan telematika yang kedua adalah layanan keamanan. Layanan ini menyediakan fasilitas untuk memantau dan memberikan informasi bila ada sesuatu yang berjalan tidak seharusnya. Layanan ini dapat mengurangi tingkat pencurian dan kejahatan.

  • Vehicle thief-proofing (Intelligent teknologi kendaraan)

Telematika terdiri dari elektronik, elektromekanis, dan perangkat elektromagnetik-micromachined komponen silikon biasanya beroperasi dalam kaitannya dengan perangkat yang dikendalikan komputer dan radio transceiver untuk menyediakan fungsi pengulangan presisi (seperti dalam sistem kecerdasan buatan robotika) kinerja validasi peringatan darurat rekonstruksi.

Intelligent teknologi kendaraan umumnya berlaku untuk sistem keamanan mobil dan otonom mandiri elektromekanis sensor menghasilkan peringatan yang dapat di jangkau dalam wilayah yang ditargetkan tertentu (dalam radius 100 meter dari sistem peringatan darurat untuk kendaraan transceiver). Aplikasi, teknologi kendaraan cerdas dimanfaatkan untuk keselamatan dan komunikasi antara kendaraan komersial atau antara kendaraan dan sebuah sensor di sepanjang jalan.


3. Layanan Context-Aware dan Event-base (Context-Aware Service)


Context awareness adalah kemampuan sebuah sistem untuk memahami si user, network, lingkungan, dan dengan demikian melakukan adaptasi yang dinamis sesuai kebutuhan.

Tiga hal yang menjadi perhatian sistem context-aware menurut Albrecht Schmidt, yaitu:


1. The acquisition of context

Hal ini berkaitan dengan pemilihan konteks dan bagaimana cara memperoleh konteks yang diinginkan, sebagai contoh : pemilihan konteks lokasi, dengan penggunaan suatu sensor lokasi tertentu (misalnya: GPS) untuk melihat situasi atau posisi suatu lokasi tersebut.


2. The abstraction and understanding of context

Pemahaman terhadap bagaimana cara konteks yang dipilih berhubungan dengan kondisi nyata, bagaimana informasi yang dimiliki suatu konteks dapat membantu meningkatkan kinerja aplikasi, dan bagaimana tanggapan sistem dan cara kerja terhadap inputan dalam suatu konteks.


3. Application behaviour based on the recognized context

Terakhir, dua hal yang paling penting adalah bagaimana pengguna dapat memahami sistem dan tingkah lakunya yang sesuai dengan konteks yang dimilikinya serta bagaimana caranya memberikan kontrol penuh kepada pengguna terhadap sistem.


Beberapa contoh layanan Context-Aware& Event-base (Context-Aware Service):

  • Navigation

Navigasi adalah proses membaca, dan mengendalikan pergerakan suatu kerajinan atau kendaraan dari satu tempat ke tempat lain. Ia juga merupakan istilah seni yang digunakan untuk pengetahuan khusus yang digunakan oleh navigator untuk melakukan tugas-tugas navigasi. Kata menavigasi berasal dari bahasa latin "navigare", yang berarti "berlayar". Semua teknik navigasi melibatkan menemukan posisi navigator dibandingkan dengan lokasi atau pola yang dikenal.


Global Navigation Satellite System atau GNSS adalah istilah untuk sistem navigasi satelit yang menyediakan posisi dengan cakupan global. Sebuah kecil memungkinkan GNSS elektronik penerima untuk menentukan lokasi mereka (bujur, lintang, dan ketinggian) ke dalam beberapa meter menggunakan sinyal waktu ditransmisikan sepanjang garis pandang oleh radio dari satelit. Penerima di tanah dengan posisi tetap juga dapat digunakan untuk menghitung waktu yang tepat sebagai referensi untuk percobaan ilmiah.

Lebih dari dua lusin satelit GPS yang berada di orbit Bumi menengah, sinyal transmisi yang memungkinkan penerima GPS untuk menentukan penerima lokasi, kecepatan dan arah.

Karena satelit eksperimental pertama diluncurkan pada tahun 1978, GPS telah menjadi bantuan yang sangat diperlukan untuk navigasi di seluruh dunia, dan sebuah alat penting untuk pembuatan peta dan survei tanah. GPS juga menyediakan tepat waktu referensi yang digunakan dalam banyak aplikasi termasuk kajian ilmiah tentang gempa bumi, dan sinkronisasi jaringan telekomunikasi.


  • LBS (Location-Based Service)

Beberapa bagian yang lebih sederhana dari context awareness telah mulai dibangun. LBS (location-based service) misalnya, sewaktu user mencari keyword tertentu (pom bensin, kafe, ATM, dll), maka ia akan memperoleh hasil yang berbeda tergantung pada posisi user. Ini dapat mulai digabungkan dengan beberapa info dari user. Misalnya pom bensin atau kafe di dekat posisi user yang menerima pembayaran dengan ATM yang dimiliki user.



4. Layanan Perbaikan sumber (Resource Discovery Service)


Layanan telematika yang terakhir adalah layanan perbaikan sumber. Resource Discovery Service (RDS) adalah layanan untuk penemuan layanan utilitas yang diperlukan. The RDS juga berfungsi dalam pengindeksan lokasi layanan utilitas untuk mempercepat kecepatan penemuan.


Analogi Layanan Perbaikan sumber (Resource Discovery Service) dapat kita bandingkan dengan system kerja pada Yellow page services. Istilah Yellow Pages mengacu pada buk petunjuk telepon dari bisnis dikategorikan sesuai dengan produk atau layanan yang disediakan. Seperti namanya, direktori tersebut awalnya dicetak pada kertas kuning, sebagai lawan dari halaman putih non-komersial listing. Istilah tradisional Yellow Pages kini juga diterapkan pada direktori bisnis. Dengan Yellow page kita bisa mencari nomer-nomer telepon yang berkaitan dengan sesuatu yang sedang kita cari. Hal tersebut merupakan analogi dari layanan perbaikan sumber.




Referensi :

Junehwa Song, Introduction to Telematics , NC Lab, Korea Advanced Institute of Science and Technology

http://komunikasi.org/2008/03/context-awareness/

http://en.wikipedia.org/wiki/Telematics

http://www.freepatentsonline.com/EP1550989.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar